Usaha Beternak Babi : Prospek babi yang menguntungkan

Ternak Babi Cepat Menguntungkan

KUNINGAN, (PRLM).- Populasi babi ternak di Kab. Kuningan meningkat tajam, terkait dari sifat alami yang ada pada babi. Seekor babi betina bisa melahirkan 9-12 anak babi dalam waktu tiga bulan. Bahkan, untuk jenis babi unggul, si betina bisa melahirkan 25 ekor anak babi.
Iyus, seorang pekerja di peternakan babi, mengatakan, usaha peternakan babi memang cepat menguntungkan. Hanya dalam waktu tiga bulan saja, babi dengan cepat bertambah. “Saya sudah terbiasa mengawinkan babi jantan dan betina. Seekor pejantan bisa melayani tiga betina. Kalau si betina sudah bunting, tidak mau lagi melayani pejantan. Dan dalam waktu 110 hari, betina langsung melahirkan, rata-rata 10 anak,” tutur Iyus.
Menurut Iyus, babi yang sudah berumur 2 -3 bulan dengan rata-rata bobot 70 kg – 80 kg/ekor  sudah cukup untuk dijual. Dua minggu sekali atau sebulan dua kali, babi peliharaannya dijual dan satu truk bisa  muat 70 s.d 80 ekor. Sedangkan daerah pemasarannya, umumnya ke Pasar Ciroyom Bandung, sebagian ke Cirebon dengan harga rata-rata Rp 16.000,00/kg. “Di Kuningan tidak ada tempat pemotongan babi, sehingga dijual dalam keadaan hidup,” ujarnya. (A-164/A-147)***

Surce : republika.co.id

Comments